Skip to content

Hal Yang Mempengaruhi Kalori Yang Dibutuhkan Orang Dewasa

Kalori merupakan satu hal penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kegiatan kita. Kalori ini bisa kita dapatkan dari berbagai makanan yang kita konsumsi dalam tiap harinya. Kalori sendiri dibutuhkan mulai dari masa anak sampai dengan akhir masa hidup kita di mana tiap kalori yang dibutuhkan oleh tiap umur berbeda-beda.

Apa Saja Yang Memengaruhi Kalori Yang Dibutuhkan Berbeda-Beda?

  • Jenis kegiatan

Banyaknya kegiatan yang kita lakukan membutuhkan kalori yang banyak juga. Semakin banyak kegiatan yang kita lakukan semakin banyak juga kalori yang kita butuhkan. Maka dari itu, bagi kita yang banyak melakukan kegiatan, kita membutuhkan makanan yang banyak mengandung kalori. Karena itu  memang kalori ini sangat dibutuhkan oleh kita.

  • Masa pertumbuhan dan perkembangan

Untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan banyak kalori. Karena itu jika anak yang sedang dalam masa pertumbuhan ini akan mempengaruhi psikologis anak yang sedang dalam masa perkembangan dan pertumbuhan.

  • Faktor usia

Usia sangat mempengaruhi kalori yang kita butuhkan. Mulai dari anak muda yang sedang dalam masa pertumbuhan yang membutuhkan kalori dibanding dengan orang yang sudah tidak mengalami pertumbuhan. Selain itu, kebutuhan kalori orang dewasa yang lebih banyak melakukan aktivitas dibanding dengan anak-anak.

Bagaimana Ciri Orang Yang Kekurangan Kalori?

  • Merasa lemas

Jika kita merasa lemas dan tidak ingin melakukan aktivitas mungkin ini merupakan salah satu ciri kita kekurangan kalori. Jika kita merasakan hal ini, segeralah kita untuk makan makanan yang banyak mengandung kalori, seperti nasi, ikan, sayur dan sebagainya.

  • Lambatnya pertumbuhan

Pertumbuhan juga banyak dipengaruhi oleh kalori yang kita konsumsi. Karena kalori ini akan merangsang hormon pertumbuhan. Maka dari itu untuk anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan akan sangat membutuhkan makanan yang mengandung banyak kalori. Selain itu kita juga harus benar-benar memperhatikan jumlah kalori yang seharusnya dibutuhkan.

  • Terganggunya psikologi

Biasanya kita akan merasa marah jika kita kekurangan zat kalori pada tubuh kita. Maka dari itu, jika teman kalian psikologinya terganggu mungkin saja ia kekurangan kalori yang ada dalam tubuh mereka. Kalian bisa memberinya makan kepada mereka yang sekiranya psikologinya terganggu.

Jenis Zat Apa Yang Bisa Menghasilkan Kalori?

  • Karbohidrat

Karbohidrat  jenis zat yang banyak didapat oleh berbagai jenis makan. Kandungan kalori yang didapat dalam tiap gram karbohidrat sekitar empat kalori. Jika kita dalam satu hari membutuhkan sekitar seribu kalori, kita hanya membutuhkan dua ratus lima puluh gram zat karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat ini juga banyak kita jumpai pada makanan yang banyak mengandung gandum-ganduman dan beberapa jenis makanan pokok yang biasa kita jumpai.

  • Lemak

Lemak biasanya diidentikkan dengan sebuah zat yang berbentuk seperti minyak. Ada banyak makanan yang mengandung lemak, di antaranya pada makanan yang berdaging, minyak, mentega dan kulit hewan. Lemak ini yang kita ketahui, biasanya terdapat di antara lapisan kulit dengan daging. Kandungan kalori dalam lemak lebih banyak dibandingkan dengan zat lain. Dalam tiap gram lemak mengandung sekitar sembilan kalori.

  • Protein

Protein juga banyak menyumbangkan kalori untuk tubuh kita. Protein ini dapat menjadi empat kalori yang bisa kita gunakan dalam tubuh. Protein ini banyak kita jumpai pada jenis ikan-ikanan. Namun untuk yang alergi dengan protein hewani, kalian juga bisa mengkonsumsi protein nabati yang dapat kita jumpai dijenis kacang-kacangan.

Berapa Kalori Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Orang Dewasa?

Kalori ini yang dibutuhkan oleh anak-anak berbeda dengan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Jika anak-anak membutuhkan kalori sekitar seribu sampai dengan seribu empat ratus, jelas orang  dewasa membutuhkan lebih banyak kalori. Selain itu, antara orang dewasa pria dan wanita jumlah kalori yang dibutuhkan  juga berbeda.

Umumnya pada usia dewasa pria hanya membutuhkan kalori sekitar seribu enam ratus sampai dengan dua ribu empat ratus kalori. Sedangkan pada wanita sekitar seribu enam ratus sampai dengan dua ribu dua ratus kalori saja. Maka dari itu, untuk porsi makanan yang mengandung kalori antara laki-laki dan perempuan lebih banyak laki-laki yang membutuhkannya.

Apa Saja Yang Mempengaruhi Banyaknya Kalori Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Kita?

  • Usia

Usia merupakan hal yang jelas utama mempengaruhi sekali dengan jumlah kalori yang kita butuhkan. Usia muda dengan tua sangat berbeda jumlah kalori yang dibutuhkan sehingga seharusnya orang dewasa atau yang tua lebih banyak membutuhkan kalori. Namun sayangnya jumlah kalori yang kita makan semakin tua semakin sedikit, yang membuat orang tua sering lemas.

  • Pertumbuhan

Pertumbuhan sangat membutuhkan kalori. Maka dari itu, untuk yang sedang berada dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan banyak kalori. Kalori ini bisa kita kontrol dengan mengendalikan makanan yang kita makan.

  • Aktivitas atau kegiatan

Aktivitas juga mempengaruhi jumlah kalori yang dibutuhkan dalam tubuh kita. Jika kita melakukan suatu kegiatan yang banyak akan membuat kita memerlukan jumlah kalori yang dibutuhkan. Maka dari itu, para pekerja yang bekerja dalam sebuah perusahaan disupply dengan makanan yang banyak mengandung kalori agar pekerjaan dapat bekerja degan maksimal.

Beberapa Jenis Makanan Yang Banyak Mengandung Kalori Dan Mudah Dicari

  • Jenis gandum-ganduman

Jenis gandum banyak mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam tiap butir gandum yang kita konsumsi sangat banyak mengandung karbohidrat. Gandum juga banyak dijadikan sebagai bahan makanan pokok khususnya di Indonesia.

  • Jenis ikan

Ikan adalah jenis makanan yang banyak mengandung protein hewani. Ikan yang banyak mengandung protein ini biasanya adalah ikan laut. Ikan bisa kita temui di sekitar kita dan ada banyak jenis ikan yang bisa kita konsumsi untuk memenuhi jumlah protein yang kita butuhkan.

  • Jenis mentega dan minyak

Jenis ini banyak kita jumpai di kulit hewan karena memang kulit merupakan organ utama yang banyak mengandung minyak.

Sudahkan kalori yang kalian butuhkan sudah terpenuhi? Jika belum, jangan sampai kalori yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Ayo konsumsi makanan yang banyak mengandung kalori. Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan semoga bisa menambah wawasan para pembaca sekalian.