Skip to content

Jumlah Kalori Yang Dibutuhkan Oleh Anak-Anak

Kalori pada anak adalah satuan ukur yang dibutuhkan oleh anak-anak yang akan di rubah ke dalam energi. Kalori ini bisa kita dapatkan dari makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Kalori ini sangat dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan. Jika kita kekurangan kalori kita akan merasa lemas dan kurang bergairah. Kalori dasar yang menjadi energi kita bisa diperoleh dengan kita sarapan pada pagi hari. Maka dari itu sarapan sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Makanan Apa Saja Yang Banyak Mengandung Kalori?

Banyak makanan yang mengandung kalori di sekitar kita baik makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan bahkan protein. Ada banyak makanan yang mengandung zat tersebut. Mulai dari sayur dan buah, daging, telur, dan ikan-ikanan. Namun tiap makanan mengandung kalori yang berbeda-beda. Adapun tiap satu gram karbohidrat mengandung empat kalori, tiap satu gram protein mengandung empat kalori, sedangkan satu gram lemak mengandung sembilan kalori.

Beberapa Makanan Yang Mengandung Banyak Kalori

  • Nasi

Nasi dikenal sebagai makanan khas masyarakat Indonesia. Nasi adalah sumber karbohidrat terbesar.  Masyarakat Indonesia menggunakan nasi sebagai makanan pokok mereka. Dalam tiap gram nasi mengandung satu gram karbohidrat yang mengandung empat kalori. Nasi ini banyak dibuat untuk dimakan dengan berbagai jenis masakan.

  • Ikan

Ikan adalah sumber terbesar protein, dalam tiap gram ikan mengandung beberapa  gram protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari protein ini akan diubah menjadi kalori, di mana dalam setiap gram protein akan di ubah menjadi empat kalori. Selain mengandung protein, ikan juga mengandung lemak namun tidak sebanyak protein. Di mana kedua komponen ini mengandung banyak kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Daging ayam dan sapi

Kedua daging ini banyak mengandung lemak. Buat kalian yang membutuhkan banyak lemak bisa mengkonsumsi daging ayam atau sapi. Dalam tiap gram lemak yang dihasilkan, mengandung sekitar sembilan kalori. Lemak merupakan sumber kalori terbesar dibanding dengan protein dan karbohidrat.

  • Gandum

Jika kita perhatikan, gandum tampak tidak berbeda dengan padi atau tanaman yang akan diubah menjadi nasi. Keduanya masih dalam satu jenis padi-padian. Keduanya memiliki jumlah karbohidrat yang banyak. Gandum ini banyak digunakan untuk membuat roti,  bubur, dan banyak jajanan yang dibuat dari gandum.

  • Telur

Telur yang banyak kita ketahui adalah telur ayam. Telur ini merupakan sumber protein terbesar setelah ikan. Telur juga banyak digunakan untuk membuat berbagai masakan dan makanan.

  • Kacang-kacangan

Kacang adalah salah satu tumbuhan yang banyak mengandung protein. Kacang ini ada banyak sekali jenisnya. Protein yang terkandung dalam kacang memang tidak sebanyak dengan protein yang terkandung dalam ikan dan telur.

Apa Manfaat Dari Kalori?

  • Menunjang aktivitas badan

Kalori ini sangat dibutuhkan untuk  kita melakukan segala aktivitas kita. Dengan adanya kalori kita akan bisa melakukan apa pun. Maka dari itu kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  • Menunjang pertumbuhan perkembangan tubuh

Masa pertumbuhan sangat membutuhkan kalori. Mulai dari anak kecil sampai dengan orang dewasa mereka membutuhkan kalori untuk pertumbuhan. Makanya dari kita kecil sampai batas umur kita membutuhkan banyak kalori.

  • Sumber energi tubuh

Energi adalah suatu yang sangat kita butuhkan untuk menunjang kegiatan kita. Dengan kita memiliki energi kita akan bisa melakukan aktivitas. Jika kita tidak memiliki energi kita tidak akan bisa melakukan kegiatan kita. Jika kita kekurangan kalori kita akan merasa lesu dan tidak bisa melakukan kegiatan seperti biasanya.

  • Mengurangi kondisi psikologis

Kalori bisa saja mempengaruhi psikologis kita. Karena jika kita kekurangan kalori kita akan merasa lemas dan mempengaruhi suhu badan kita yang panas. Sehingga hal ini akan sangat mempengaruhi psikologis kita.

Berapa Kalori Yang Dibutuhkan Anak-Anak?

Mulai dari anak-anak sampai kita habis umur kita sangat membutuhkan kalori untuk menunjang beberapa hal yang telah disebutkan. Utamanya anak-anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Masa ini sangat membutuhkan kalori dalam hidupnya. Rata-rata pada usia anak membutuhkan sekitar seribu sampai dengan seribu empat ratus kalori dalam satu hari. Maka dari itu di anjurkan untuk anak-anak terpenuhi kalorinya.

Selain itu, kalori juga mudah kita dapatkan di  beberapa jenis makanan yang ada di sekitar kita yang kita ketahui. Beberapa makanan tersebut di antaranya, nasi, daging, ikan, sayur dan sebagainya. Jika dapat di perkirakan kalori yang cukup untuk kita dalam seharinya setara dengan tiga piring nasi per harinya. Jika kalori yang kita butuhkan terpenuhi, kita akan merasa hidup lebih enak, dan tumbuh normal.

Bagaimana Jika Kita Kekurangan Kalori?

Kita sudah sangat tahu, jika kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, bagaimana jika kita kekurangan kalori. Jika kita kekurangan kalori kita akan merasa lemas saat melakukan aktivitas kita. Kita akan merasa kurang bergairah dalam melakukan suatu hal. Untuk anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan mungkin ini akan berakibat buruk sebab bisa mengakibatkan pertumbuhan tubuh menjadi terganggu. Selain itu kurangnya kalori membutuhkan tubuh menjadi lemas sehingga kurang konsentrasi yang berimbas pada aktivitas belajar.

Jika anak-anak yang ada pada masa pertumbuhan ini kekurangan kalori, maka pertumbuhan kita juga akan terganggu. Mungkin tidak hanya kepada fisik kita namun juga kecerdasan dan psikologi kita. Maka dari itu, kalori ini sangat dibutuhkan kita dalam tiap harinya, oleh tubuh kita untuk melakukan beberapa hal yang semestinya kita kerjakan.Hal ini mungkin sederhana. Namun tidak semua orang mau memperhatikan hal ini. Mereka lebih suka makan sesuka mereka yang mungkin jumlah kalorinya tidak memenuhi.

Maka dari itu ayo dari sekarang kita perhatikan kebutuhan kalori yang kita butuhkan. Apa jumlah kalori yang kita makan sudah terpenuhi dengan makanan yang kita makan saat ini?

Demikian informasi yang bisa kami bagikan dan agar anak-anak bisa tumbuh dengan sempurna maka kebutuhan kalorinya mesti terpenuhi. Selain itu penting juga untuk beristirahat yang cukup, melakukan olahraga dengan rutin, dan memenuhi kebutuhan akan vitamin dan juga mineral penting lainnya. Jadi perhatikan betul makanan apa saja yang dikonsumsi dan jangan asal dalam memilih menu makanan untuk sang buah hati.